Senin 14 May 2012 10:30 WIB

Al Qaidah Yaman Dibombardir, 30 Tewas

Pasukan militer Yaman (Hani Mohamed/AP)
Pasukan militer Yaman (Hani Mohamed/AP)

REPUBLIKA.CO.ID, ADEN - Tentara pemerintah Yaman membombardir provinsi Abyan di bagian selatan Yaman yang dikuasai al qaidah

Dilaporkan sedikitnya 20 gerilyawan dan 10 prajurit pemerintah tewas dalam baku tembak, kata seorang pejabat militer.

Pertempuran sengit berkecamuk di pinggiran Jaar dan Zinjibar di Abyan, saat tentara pemerintah mulai melancarkan serangan besar untuk menguasai kota besar dan kecil yang dikuasai gerilyawan sejak 2011, kata seorang pejabat militer yang tak ingin disebutkan jatidirinya.

Angkatan Bersenjata Yaman telah mendesak gerilyawan al qaidah ke luar pinggiran Zinjibar, setelah pertempuran mematikan dan pemboman artileri yang menewaskan 20 gerilyawan, kata pejabat itu.

"Ini adalah untuk pertama kali tentara kami bergerak menuju pusat kota Zinjibar setelah merebut kembali pangkalan strategis dari al qaidah, yang telah meninggalkan tempat persembunyian mereka," ia menambahkan.

Sebanyak 10 prajurit, termasuk seorang kolonel, tewas dan puluhan lagi cedera dalam pertempuran Ahad dengan gerilyawan al qaidah di Zinjibar dan Jaar, kata komandan Angkatan Darat.

"Warga setempat takut terhadap bom nyasar atau serangan udara. Mereka meninggalkan desa mereka menuju tempat lain yang aman," kata saksi mata.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement