Ahad 08 Jul 2012 22:30 WIB

Annan: Iran Harus Diberi Kesempatan di Suriah

Kofi Annan
Foto: AFP
Kofi Annan

REPUBLIKA.CO.ID, Utusan khusus PBB-Liga Arab Kofi Annan untuk Suriah, mendesak Barat untuk memberikan perhatian yang lebih harus kepada Iran untuk membantu menyelesaikan krisis Suriah.

"Iran harus menjadi bagian dari solusi (suriah)," kata Annan dalam wawancara dengan harian Perancis Le Monde Sabtu, (7/7).

Annan mengakui bahwa upaya masyarakat internasional untuk menemukan solusi politik dan menyelesaikan kekerasan di Suriah telah gagal. "Bukti telah menunjukkan bahwa kita belum berhasil," kata Annan.

Dilanjutkan dia, negara-negara yang mendukung dan memaksakan solusi intervensi militer dalam konflik akan menambah situasi kian buruk.

"Sangat sedikit peluang perdamian yang dikatakan negara-negara tertentu untuk mengirim senjata dan uang dengan situasi di lapangan," katanya, tanpa menyebut nama negara tertentu tersebut.

Annan juga telah mengajukan rencana enam poin perdamaian untuk mengakhiri krisis di Suriah, yang menyerukan gencatan senjata yang diawasi semua pihak termasuk PBB, penarikan tentara dan senjata berat dari kota dan pengiriman bantuan kemanusiaan.

sumber : Tehran Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement