Senin 23 Jul 2012 06:07 WIB

Israel Takut Hizbullah Kuasai Senjata Kimia

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, diperkirakan menang lagi dalam pemilu Israel yang dipercepat kali ini.
Foto: AP
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, diperkirakan menang lagi dalam pemilu Israel yang dipercepat kali ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Presiden Suriah Bashar al-Assad akan segera jatuh, dalam hitungan hari.

“Saya rasa rezim Suriah itu akan jatuh. Saya tidak tahu apakah dalam hitungan minggu atau bulan, tetapi saya rasa tidak lama lagi,” ujarnya.

 

Muncul di acara televisi Fox News Sunday, Perdana Menteri Netanyahu mengatakan khawatir kekacauan di Suriah bisa mengakibatkan senjata kimia jatuh ke tangan musuh-musuh Israel.

 

“Bisakah dibayangkan Hezbullah – kelompok yang, dengan Iran, melakukan semua serangan teror di seluruh dunia – bisa punya senjata kimia? Itu seperti al-Qaida punya senjata kimia. Sesuatu yang tidak bisa kami terima,” tandasnya lagi.

 

Perdana Menteri Netanyahu menolak menspesifikasi apa yang mungkin atau tidak mungkin dilakukan. Ia mengatakan, “Apakah saya akan bertindak? Tidak. Apa saya akan merintanginya? Tidak juga.”

 

Perdana Menteri Israel itu mengulangi pendiriannya bahwa Hezbullah didukung oleh Iran, bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri minggu lalu di Bulgaria yang menewaskan lima warga Israel dan mencederai beberapa lainnya. Hezbollah tidak berkomentar mengenai insiden itu. Iran menyangkal tuduhan itu dan mengatakan pihaknya mengecam semua tindakan teror.

 

Muncul dalam program televisi CBS, Face the Nation, Perdana Menteri Netanyahu menolak berkomentar mengenai laporan-laporan berita yang mengutip para pejabat Israel, mengatakan mereka bekerja sama dengan intelijen Inggris untuk mencegah kemungkinan serangan teroris dalam Olimpiade London.

Empat puluh tahun lalu, 11 atlet Israel tewas dalam pertandingan Olimpiade di Münich.

sumber : voa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement