Ahad 05 Aug 2012 12:58 WIB

Ribuan Warga Israel Menentang Netanyahu

Rep: Gita Amanda/ Red: Djibril Muhammad
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu
Foto: Reuters
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV - Ribuan warga Israel menggelar aksi demo di Tel Aviv Sabtu (4/8) malam lalu. Aksi tersebut dilakukan dalam upaya memerotes ketimpangan sosial dan langkah penghematan yang dilakukan pemerintah Israel.

Para pengunjuk rasa melakukan aksi demonstrasi menentang langkah penghematan yang dilakukan pemerintah. Pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, perlunya langkah penghematan untuk mengurangi defisit anggaran dan melindungi perekonomian.

Para pengunjuk rasa marah akibat biaya hidup yang semakin tinggi di Israel. Terutama biaya makanan, bensin, pendidikan dan kesehatan. Mereka juga mengeluhkan ketidakadilan sosial dan jurang yang semakin lebar antara si kaya dan miskin di Israel.

Ketua Serikat Mahasiswa dan aktivis sosial Shmuli Itzik mengatakan, ini bukan hanya sekadar kampanye anak muda. Namun menurutnya, ini merupakan kampanye setiap orang yang menanggung beban ekonomi, sosial dan pertahanan di Israel.

Demonstrasi pada Sabtu lalu, diyakini merupakan protes terbesar yang diadakan selama beberapa bulan terakhir. Protes digelar untuk memerotes penanganan pemerintah Israel dalam masalah perekonomian dan kebijakan sosial.

Netanyahu telah menghadapi panggilan untuk mundur. Namun ia kemudian membentuk komite untuk menjawab tuntutan para demonstran. Tetapi para demonstran mengatakan, tak ada langkah konkret yang diambil pemerintah sejauh ini.

Tak hanya itu, para demonstran juga menentang ekspansi ilegal pemukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki. Para pendemo menggunakan situs jejaring sosial untuk menggalang dukungan. Mereka bersumpah akan terus melakukan protes hingga tuntutan mereka terpenuhi.

sumber : Press TV
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement