Senin 20 Aug 2012 20:33 WIB

Masjid Umat Syiah Dagestan Diserang OTK

Pistol (Ilustrasi)
Foto: Corbis.com
Pistol (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DAGESTAN -- Sebuah rumah ibadah umat Islam Syiah di Dagestan, wilayah bergolak di pegunungan Kaukasus Rusia, diserang sekelompok orang bersenjata, Ahad (19/8) waktu setempat. Delapan orang terluka dalam serangan tersebut, kata Kementerian Urusan Regional.

"Jumlah warga yang terluka dalam serangan di rumah ibadah kota Khasavyurt sejauh ini adalah delapan orang," kata Kementerian Dalam Negeri Rusia.

Tiga korban terluka menderita luka di dada dan perut, sementara yang lainnya terkena tembakan di lengan dan kaki mereka. Kantor berita RIA Novosti melaporkan polisi lokal mengatakan lebih banyak orang terluka saat ledakan terjadi di masjid yang sama.

"Terjadi dua ledakan. Satu meledak dan satu bom lagi berhasil dijinakkan," kata polisi kepada RIA Novosti.

Kantor berita Interfax menulis polisi memastikan tim penjinak bom berhasil mematikan bom di dalam masjid tersebut. "Tim penjinak bom tengah melakukan kerjanya. Sejauh ini diaktivasi bom belum berakhir. Kami belum mendapat informasi terkait ledakan yang memakan korban dalam proses penjinakan bom," seorang juru bicara polisi menjelaskan kepada Interfax.

Seperti dinukil BBC, selain menembaki yang sedang berdoa, para penyerang juga melempar bom rakitan berupa tabung gas yang disambung ke bahan peledak. Saat serangan terjadi, setidaknya 70 orang berada di dalam rumah ibadah mendengarkan ceramah. Setelah itu para penyerang kemudian melarikan diri menggunakan mobil.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement