Rabu 05 Dec 2012 08:08 WIB

Akhirnya, Foto Perempuan Muncul di Buku Pelajaran Arab Saudi

Rep: Ani Nursalikhah/ Red: Fernan Rahadi
Perempuan Arab Saudi, ilustrasi
Perempuan Arab Saudi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ARAB SAUDI -- Untuk pertama kalinya di Arab Saudi, foto perempuan terpampang dalam buku pelajaran Bahasa Inggris sekolah menengah.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi melarang ditampilkannya foto perempuan di seluruh buku pelajaran, baik yang dipakai di sekolah laki-laki maupun perempuan. Hal itu berlaku sejak pencanangan program pendidikan oleh negara pada 1926. 

Seperti diaporkan oleh surat kabar al-Hayat yang dilansir dari situs Alarabiya, Selasa (4/12), pada tahun akademis ini akan terbit rangkaian buku pelajaran yang di dalamnya terdapat foto perempuan. Kendati demikian, buku tersebut masih dalam tahap percobaan dan baru direncanakan terbit di pasaran pada akhir tahun akademis.

Meski para perempuan yang muncul di buku tersebut mengenakan kerudung, langkah ini dinilai sebagai perubahan besar. Dulu, buku sekolah hanya menampilkan perempuan dalam bentuk sketsa.

Dalam buku Bahasa Inggris yang digunakan siswa kelas tiga sekolah menengah atas, terdapat foto seorang perawat lengkap dengan kerudungnya dan masker. Tampak ia sedang mempersiapkan sebuah suntikan. Latihan yang disertakan dalam bab itu meminta siswa mendiskusikan perubahan perbandingan jumlah perempuan dan laki-laki dalam pekerjaan tradisional.

Terdapat juga foto seorang gadis yang sedang berdiri di sebuah laboratorium. Di foto aslinya perempuan itu tidak mengenakan penutup kepala. Namun, foto itu telah diedit.

Munculnya foto perempuan bukanlah satu-satunya perubahan yang terjadi dalam kurikulum Bahasa Inggris. Ada perhatian lebih di Arab Saudi terhadap perempuan dan peran mereka dalam dunia profesional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement