Senin 10 Dec 2012 12:57 WIB

Iran Tes Shahab-3, Diklaim Mampu Jangkau Israel

Rep: hannan putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Shahab-3
Foto: AP Photo
Shahab-3

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN--Iran kembali melakukan uji coba rudal shahab-3 yang memiliki jangkauan terjauh, Senin (10/12). Uji coba tersebut termasuk uji jarak tempuh sekaligus sebagai pembuktian klaim Iran sebelumnya bahwa rudal shahab-3 dapat menjangkau Israel.

Uji coba rudal itu digelar Iran ditengah ketegangan negaranya dengan Barat dan Uni Eropa, lapor Indiana Express, Jumat (7/12) lalu.  Badan Pengawas Nuklir PBB bahkan menyebut negeri para mullah itu membangun pabrik pengayaan uranium kedua.

Uni Eropa yang sebelumnya telah menjatuhkan sanksi terhadap program nuklir Iran belum bisa menanggapi apapun terkait uji coba rudal tersebut. Sementara Israel yang sudah jauh-jauh hari mencemaskan serangan Iran.

Langkah-langkah antisipasi Israel terhadap rudal Iran dengan menempatkan radar buatan X-band dan Eitan drone di dataran tinggi Azerbaijan. Sebagaimana dilaporkan harian, Sunday Times, Ahad (2/12), mesin yang sudah diaktifkan tersebut dapat mendeteksi rudal yang ditembakkan dari Iran.

Uji coba rudal akan berlangsung dua hari berturut-turut. Sebagaimana diungkapkan Pengawal Revolusi Iran, manuver rudal tersebut sebagai simbol ‘pertahanan suci’ Iran untuk memperingati tepat delapan tahun perang Iran-Irak yang pecah ditahan 1980.

Uji coba Shahab-3 tersebut dilakukan di medan gurun pasir, demi Televisi nasional Iran yang sempat meliput rudal tersebut memperlihatkan letupan dahsyat yang dihasilkan teknologi mutakhir Militer Iran.

Lebih lanjut, Pengawal komandan angkatan udara Iran, Hossein Salami mengatakan senjata miliknya memiliki jangkauan 1,300-2,000 kilometer. Jangkauan tersebut mencapai Israel, sebagian besar negara Arab, Turki, dan sebagian negara-negara Eropa.

Sementara jarak menengah Shahab-1 dan Shahab-2, mempunyai jarak tempuh menengah kisaran 300 kilometer dan 700 kilometer. Kedua jenis rudal tersebut sukses diluncurkan sebagaimana yang diharapkan.

Manuver rudal tersebut dimulai dengan menembakkan rudal jangkauan jarak pendek dan menengah. Kemudian dilanjutkan dengan rudal dengan hulu ledak ganda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement