Jumat 28 Dec 2012 18:44 WIB

Iran Mulai Gelar Latihan Militer di Selat Hormuz

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Selat Hormuz
Selat Hormuz

REPUBLIKA.CO.ID, Militer Iran gelar latihan militernya di perairan Selat Hormuz, Teluk Oman, hingga ke Samudera Hindia, Jumat (28/12). Selain untuk mengasah keterampilan dan kecakapan personilnya, latihan militer tersebut untuk menunjukkan kepada dunia kekuatan militer Iran yang sesungguhnya.

Latihan militer yang dimulai Jumat akan berlangsung selama enam hari ke depan. Dalam laporan Aljazirah, latihan tersebut juga digelar uji coba sistem rudal yang dipasang di kapal perang dan kapal selam.

Pimpinan Angkatan Laut Iran, Habibollah Sayyari, menyatakan latihan itu ia namakan Velayat 91. Dia mengatakan, latihan tersebut sengaja diselenggarakan di perairan Selat Hormuz, celah sempit yang memiliki arti vital di kawasan Timur Tengah. Wilayah perairan yang digunakan untuk latihan militer itu diperkirakan mencapai satu juta kilometer persegi.

Selat Hormuz merupakan jalur laut yang dilewati oleh setidaknya 40 persen produksi minyak bumi dunia. Selat Hormuz merupakan wilayah yang menjadi kontroversi antara Iran dan Uni Emirat.

Militer AS juga memiliki pangkalan militer di Bahrain yang bertugas untuk menjaga keamanan di Selat Hormuz. AS dan Iran dalam dua minggu terakhir saling memamerkan kekuatan militer masing-masing di sekitar jalur vital Selat Hormuz. Bulan Juni lalu Militer AS juga menggelar latihan militer di selat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement