Selasa 08 Jan 2013 20:08 WIB

'Perluasan Mataf tak Ganggu Kuantitas Air Zamzam'

Seorang jamaah haji tengah mengambil air zamzam.
Foto: Antara
Seorang jamaah haji tengah mengambil air zamzam.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH--Ketua Umum Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdul Rahman As-Sudais mengumumkan, pembongkaran untuk memperluas mataf (tempat thawaf di sekeliling Ka'bah)  telah mencapai 70 persen dari seluruh pekerjaan.

Sheikh As-Sudais mengatakan, sudah dilakukan studi mendalam untuk memastikan kuantitas dan kualitas air Zamzam yang mengalir ke dalam sumur Zamzam tidak terpengaruh. Selain itu, juga diupayakan untuk menghindari kekeliruan yang dapat mengakibatkan perubahan lingkungan pada cekungan Lembah Ibrahim dan di dekat sumur Zamzam sendiri.

Selama kunjungan pemeriksaan terhadap proyek tersebut, Sheikh As-Sudais melihat permintaan terhadap air Zamzam meningkat. Makanya harus dipastikan kuantitas air Zamzam tidak terpengaruh.

"Tidak ada dampak proyek ini terhadap lingkungan hidup,  pada kualitas air atau jumlah aliran di bagian persimpangan lembah," ujar Sheikh As-Sudais, Selasa,(8/1).

Sheikh As-Sudais meminta kontraktor proyek itu meningkatkan kecepatan penyelesaian pekerjaan pada tahap pertama perluasan. Sebelum datangnya Bulan Suci Ramadhan pada awal Juli proyek diharap sudah selesai.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement