Jumat 01 Feb 2013 16:22 WIB

Gara-Gara Israel Serang Suriah, Harga Minyak Dunia Meroket

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
Harga minyak dunia melonjak (ilustrasi)
Harga minyak dunia melonjak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Ketegangan geopolitik di Timur Tengah lantaran Israel menyerang Suriah, membuat harga minyak dunia menyentuh level tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Perdagangan minyak mentah light sweet di New York untuk pengiriman Maret naik tujuh sen pada Jumat (1/2) waktu setempat, menjadi 97,56 dolar AS per barel.

Sementara itu, minyak mentah Brent di perdagangan Asia untuk pengiriman Maret naik 25 sen menjadi 115,80 dolar AS per barel.

PressTV melaporkan Brent mencatat kenaikan harga mingguan terbesar dalam dua bulan terakhir. Sedangkan minyak mentah AS terus naik selama delapan minggu terakhir.

Pengamat menilai kenaikan harga minyak disebabkan kekhawatiran terkait pasokan setelah ketegangan bertambah di Timteng. Hal itu muncul setelah Suriah memperingatkan PBB untuk merespons serangan udara Israel ke pusat penelitian militer Suriah.

Pada Rabu lalu, tentara Suriah menyatakan dua orang tewas dan lima lainnya terluka dalam serangan udara Israel di sebuah pusat penelitian di Jamraya, 25 kilometer barat laut ibu kota, Damaskus. Suriah mengalami konflik internal sejak Maret 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement