Sabtu 05 Oct 2013 10:57 WIB

Arab Saudi Laporkan 6 Kasus Baru Coronavirus ke WHO

Varian baru SARS, novel coronavirus dilaporkan telah membunuh tiga orang lagi di Arab Saudi
Foto: Arab News
Varian baru SARS, novel coronavirus dilaporkan telah membunuh tiga orang lagi di Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah diberitahu mengenai enam lagi kasus yang dikonfirmasi laboratorium tentang infeksi sindrom pernapasan Timur Tengah coronavirus (MERS-CoV) di Arab Saudi, kata organisasi itu pada Jumat (4/10).

Secara global, dari September 2012 sampai saat ini, WHO telah diberitahu mengenai sebanyak 136 kasus penularan MERS-CoV yang dikonfirmasi laboratorium, termasuk 58 kematian, katanya.

WHO menyatakan di dalam perubahan paling akhirnya bahwa keenam pasien baru itu berasal dari Wilayah Riyadh dan berusia dari 14 sampai 79 tahun. Di antara mereka tiga adalah perempuan dan tiga lelaki. Tanggal kemunculan pasien sekitar 15 sampai 26 September. Seorang pasien menderita gejala sedang sementara yang lain dirawat di rumah sakit, kata WHO.

Menurut laporan Xinhua yang dikutip Sabtu (5/10), tiga pasien, mengadakan kontak dengan kasus MERS-CoV yang sebelumnya dikonfirmasi, dua dilaporkan tak terpajan pada hewan atau kasus yang dikonfirmasi. Sementara itu, tak ada keterangan bahwa seorang pasien terpajan.

Berdasarkan situasi saat ini dan informasi yang tersedia, WHO mendorong semua negara anggota agar melanjutkan pengawasan mereka mengenai infeksi pernapasan sangat akut (SARI) dan agar secara seksama memeriksa pola yang tidak biasa.

Lembaga kesehatan dunia itu menyarankan orang yang baru-baru melakukan perjalanan ke dan kembali dari Timur Tengah serta mengalami gejala SARI mesti diperiksa untuk mengetahui apakah mereka menderita MERS-CoV sebagaimana disarankan di dalam rekomendasi pengawasan saat ini.

Instalasi perawatan kesehatan yang menyediakan perawatan kesehatan buat pasien yang diduga atau dikonfirmasi terinfeksi MERS-CoV mesti melakukan tindakan yang sesuai guna menurunkan resiko penularan virus tersebut ke pasien lain, pekerja perawatan kesehatan dan pengunjung, katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement