Ahad 13 Apr 2014 10:17 WIB

Perempuan Arab Saudi Ingin Bentuk Kementerian Sendiri

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Nidia Zuraya
Perempuan Arab Saudi
Foto: bikyamasr.com
Perempuan Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Dewan Syura Arab Saudi sedang mempertimbangkan membentuk dewan tinggi atau sebuah kementerian yang terpisah untuk perempuan.

"Saya secara pribadi mendukung pembentukan sebuah dewan atau kementerian seperti itu yang bertujuan memperjuangkan kepentingan perempuan," ujar seorang anggota dewan syura Thuraya Arrayed, seperti dilansir Arab News, Ahad (13/4).

Forum Pengusaha Perempuan Provinsi Timur mendukung gerakan yang membantu perempuan Saudi memainkan peran ekonomi secara efektif. Organisasi ini juga menginvestasikan 375 miliar saudi riyal di akun bank mereka.

Anggota lain Lama Al-Sulaiman mengatakan laki-laki harus memiliki kemampuan yang sama dengan perempuan. "Sekitar 70 persen pria yang terlibat dalam aktivitas ekonomi tidak bisa membaca atau menulis," kata dia.

Kepala Forum Pengusaha Perempuan Provinsi Timur Al-Ahsa Fadia Al-Rashid mengatakan partisipasi perempuan Saudi dalam perekonomian masih terbatas. Menurutnya, meski mereka mempunyai dana 375 miliar saudi riyal di bank, jumlah yang terlibat dalam aktivitas ekonomi hanya delapan persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement