Senin 12 May 2014 03:10 WIB

MERS, Arab Saudi Peringatkan Gunakan Masker

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Citra Listya Rini
Virus Mers
Foto: VOA
Virus Mers

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi mendesak warganya mengenakan masker dan sarung tangan ketika berdekatan dengan unta. Langkah ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus MERS yang mematikan.

Kementerian pertanian juga menyarankan warganya untuk tidak berdekatan dengan unta kecuali jika mendesak dan harus mencuci tangan mereka setelah itu. Dilansir dari BBC, Arab Saudi merupakan negara yang paling banyak terpengaruh oleh virus MERS.

Total korban jiwa akibat virus ini pun mencapai 133 orang sejak virus ini terdeteksi pada 2012 silam. Sedangkan, hampir 500 orang di kerajaan telah terinfeksi. MERS juga telah menyebar ke negara lain di Timur Tengah.

Penyakit ini merupakan koronavirus yang masih berkerabat dengan virus flu dan SARS. MERS juga menyebabkan penderitanya mengalami beberapa gejala seperti demam, pneumonia, dan gagal ginjal.

"Sangat dianjurkan untuk mengenakan pelindung tangan, khususnya ketika melakukan kontak dengan unta yang lahir, sakit, atau mati," kata kementerian pertanian dalam pernyataannya.

Selain itu, disarankan untuk merebus susu unta dahulu apabila ingin mengkonsumsinya dan hanya memakan daging unta yang dimasak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement