Rabu 10 Sep 2014 03:00 WIB

Obama Kirim Kerry Ke Arab Saudi Bahas Kelompok Negara Islam

Rep: kiki sakinah/ Red: Damanhuri Zuhri
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.
Foto: AP
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengirim Menteri Luar Negeri John Kerry ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Menlu negara-negara Arab, dalam rangka menguraikan strategi melawan kelompok Negara Islam.

Pertemuan John Kerry tersebut berupaya memperluas koalisi di seluruh dunia Arab, dalam  melawan kelompok Sunni bersenjata.

Berita ini muncul sebagaimana Kerry berjanji untuk melanjutkan perang AS terhadap Negara Islam. Itu juga sebagai dukungan bagi pemerintah Irak yang baru di bawah Haider al Abbadi.

"Amerika Serikat siap untuk meningkatkan dukungan pada Irak untuk melawan kelompok Negara Islam, dan terus melibatkan masyarakat internasional untuk melakukan yang sama," tutur Kerry dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AlJazeera, Selasa (9/9).

Seorang pejabat kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan kepada AFP, pertemuan Kerry di kota pelabuhan Arab Saudi, Jeddah, tersebut akan diselenggarakan Rabu dan Kamis.

Pertemuan tersebut, akan dihadiri para Menteri Luar Negeri dari Mesir, Yordania, dan enam negara Teluk Arab termasuk Irak.

Seorang pejabat pemerintah di Beirut mengatakan, Menteri Luar Negeri Lebanon, Gebran Bassil, juga dijadwalkan akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement