Kamis 18 Dec 2014 09:23 WIB

Serang Bank, Pasukan Taliban Tewaskan 10 Orang

Rep: Gita Amanda/ Red: Indah Wulandari
Pasukan Taliban
Foto: VOA
Pasukan Taliban

REPUBLIKA.CO.ID,HELMAND—Taliban menyerang sebuah bank di provinsi Afghanistan selatan Helmand dan menewaskan 10 orang, Rabu (17/12).

Para pelakunya kemudian meledakkan bom bunuh diri. Sementara tiga orang anggota penyerang  tewas ditembak oleh pasukan keamanan.

BBC News melaporkan, Bank di Lashkar Gah, ibukota provinsi Helmand, diperkirakan dalam kondisi sibuk pada saat kejadian. “Tim penembak memaksa masuk ke bank setelah seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di pintu masuk gedung,” ujar juru bicara provinsi Omar Zhwak, Kamis (18/12).

Juru bicara polisi Helmand Fareed Obaid mengatakan, akibat bom tersebut, tiga anggota polisi tewas dan 15 orang terluka.

Serangan di Afghanistan telah menjadi kejadian sehari-hari dalam beberapa pekan terakhir, setelah Taliban mengambil kesempatan dari penarikan pasukan NATO.

Awal bulan ini, diadakan upacara menandai akhir resmi dari 13 tahun misi tempur NATO di Afghanistan. Pada puncaknya, pasukan pimpinan AS yang melibatkan lebih dari 130.000 personel dari 50 negara akan ditarik.

Pasukan yang tersisa akan membantu melatih tentara nasional Afghanistan. Presiden Ashraf Ghani pun berjanji untuk memulihkan stabilitas negaranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement