Jumat 19 Dec 2014 13:28 WIB

Kurdi Irak Hapus Pengepungan Gunung Sinjar

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Peshmerga kurdi
Foto: BBCNews
Peshmerga kurdi

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG SINJAR -- Pejuang Peshmerga Kurdi telah berjuang untuk menghapus pengepungan di wilayah Pegunungan Sinjar di Irak.

Di wilayah tersebut ratusan orang telah ditangkap selama berbulan-bulan, oleh para pejuang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Pasukan Peshmerga telah mencapai Gunung Sinjar, pengepungan pengepungan di gunung telah dihapuskan," kata kepala dewan keamanan nasional di wilayah Kurdi Irak Masrour Barzani seperti dikutip Aljazirah, Jumat (19/12).

Serangan mencoba untuk mengakhiri perjuangan ratusan minoritas Yazidi di Irak. Mereka telah dikepung di pegunungan tersebut sejak ISIS menyerbu Sinjar.

"Semua orang Yazidi yang terjebak di gunung sekarang bebas," kata Barzani, tapi ia menambahkan Peshmerga belun mengevakuasi mereka.

Ia mengatakan, 100 pejuang ISIS tewas. Namun klaim tersebut tak dapat diverifikasi secara independen. Tentara Peshmerga Kurdi mulai serangan mereka pada Rabu (17/12), untuk menghancurkan pengepungan kelompok bersenjata di gunung dan kota Sinjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement