Senin 30 Mar 2015 10:17 WIB

Enam Negara Kekuatan Dunia Bicarakan Program Nuklir Iran

Rep: Gita Amanda/ Red: Erik Purnama Putra
Enam negara kekuatan dunia bertemu bahas nuklir Iran.
Foto: nytimes
Enam negara kekuatan dunia bertemu bahas nuklir Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, LAUSANNE -- Enam negara kekuatan dunia melangsungkan pembicaraan mengenai program nuklir Iran di kota Laussane, Swiss. Mereka mengintensifkan pembicaraan guna mencapai kesepakatan sebelum batas waktu 31 Maret.

BBC News melaporkan, enam negara kekuatan dunia yang dikenal dengan P5+1 membatalkan semua rencana perjalanan mereka. Ini diupayakan untuk mendorong tercapainya kesepakatan dengan Iran.

Para pejabat AS mengatakan, semua pihak sepakat untuk memulai pendekatan selangkah demi selangkah. Pendekatan ini untuk mencapai kesepakatan yang berkaitan dengan skala program nuklir dan pencabutan sanksi.

"Kami telah mengajukan sejumlah gagasan, tapi belum menemukan kombinasi yang tepat, namun tak ada yang menyerah," kata pejabat dengan syarat anonim tersebut, Ahad (29/3).

Selama ini negara kekuatan dunia ingin memastikan Iran tak mengembangkan senjata, melalui program nuklirnya. Sementara Iran membantah dan mengatakan programnya bertujuan damai. Iran juga berharap kesepakatan akan mengarah pada pencabutan sanksi internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement