Selasa 31 Mar 2015 07:13 WIB

Koalisi Arab Saudi Rebut Pelabuhan Yaman dari Kelompok Al Houthi

Liga Arab bersiap menyerang milisi Al Houthi demi membela warga Yaman.
Foto: Reuters
Liga Arab bersiap menyerang milisi Al Houthi demi membela warga Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Koalisi Arab Saudi mengumumkan militernya telah berhasil sepenuhnya menguasai pelabuhan di Yaman dari kelompok pemberontak Al Houthi pada Senin (30/3). Pelabuhan itu direbut setelah koalisi Arab Saudi melancarkan Operasi Badai Penentu.

Brigadir Ahmed Al-Asiri, Juru Bicara Operasi itu, mengatakan dalam taklimat harian koalisi pimpinan Arab Saudi, yang diikuti oleh 10 negara, melancarkan operasi laut. Koaliai tersebut menguasai pelabuhan di Yaman, dan semua kapal yang datang dan pergi dari semua pelabuhan itu diperiksa.

Ia juga mengatakan petempur melancarkan serangan rudal balistik tapi gagal mengenai satu pusat Arab Saudi di perbatasan, demikian laporan Xinhua, Selasa (31/3) pagi.

"Milisi Al-Houthi menembakkan rudal di Sana'a tapi rudal tersebut jatuh karena gangguan teknik, dan pasukan koalisi segera menyerbu daerah itu serta menghancurkannya."

Juru bicara tersebut mengatakan sasaran koalisi saat ini ialah menghancurkan semua rudal balistik dan menghentikan petempur Al-Houthi bergerak maju ke arah Aden. Sementara itu kelompok Syiah Yaman tersebut mengumpulkan senjata untuk menyerang pemerintah Yaman dan negara tetangganya.

Arab Saudi dan negara lain anggota Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) melancarkan serangan udara terhadap posisi Al-Houthi di Yaman pada Kamis, 26 Maret, tindakan yang dikutuk oleh Iran tapi didukung oleh Amerika Serikat, Mesir, Jordania dan Marokko.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement