Rabu 01 Apr 2015 14:12 WIB

Al Azhar: Houthi Penyebab Kekacauan di Yaman

Rep: c05/ Red: Damanhuri Zuhri
Kelompok Syiah Houthi kini menguasai Yaman.
Foto: Aawsat.net
Kelompok Syiah Houthi kini menguasai Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Lembaga pendidikan Islam Al Azhar Mesir menyatakan kelompok Houthi adalah biang dari kekacauan di Yaman. Ini karena Houthi melakukan pemberontakan pada pemerintah Yaman yang sah.

Al-Azhar Kairo, Mesir, Rabu (1/4) menuduh pemberontak Houthi Yaman merusak keamanan negara dan menghalangi solusi politik untuk krisis.

Kepala Dewan Muslim Senior Al Azhar, Sheikh Ahmad el-Tayeb menyatakan Houthi telah menggelar kudeta terhadap pemerintahan yang sah. Dia juga menyatakan Houthi berupaya memperketat kontrol mereka atas negara Yaman.

Pernyataan itu juga menyuarakan kekhawatiran Houthi akan membawa Yaman dalam perang saudara jangka panjang. Sheikh Tayeb berbicara pada hari kelima serangan udara yang dipimpin Saudi beserta sekutunya. Serangan ini mentargetkan untuk menghancurkan kelompok Houthi. .

Sebelumnya Houthi dan sekutu mereka merebut ibukota Sanaa September lalu. Gara-gara inilah Presiden Yaman yang diakui secara internasional, Abdrabbu Mansour Hadi melarikan diri dari negara tersebut pekan lalu.

sumber : al arabiya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement