Kamis 02 Apr 2015 13:25 WIB

Meski Mencekam, 262 WNI di Yaman Berhasil Dievakuasi

Rep: C07/ Red: Ani Nursalikah
Tentara di Yaman
Foto: Youtube
Tentara di Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA -- KBRI Sanaa berhasil mengevakuasi 262 WNI dari wilayah Yaman pada Kamis (2/4). Ratusan WNI itu dievakuasi ke kota Jizan, Arab Saudi menggunakan jalur darat menggunakan enam bus dan menempuh perjalanan sekitar lima jam.

Jalur perjalanan yang ditempuh adalah Sanaa-Al Hudaidah-Tuwal-Jizan. Evakuasi tersebut, merupakan kali pertama yang dilakukan pasca dimulainya rangkaian serangan udara yang dilakukan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi 25 Maret lalu.

"Suasana sangat mencekam tetapi kami terus menenangkan para WNI dan meminta semuanya terus berdoa sepanjang lima jam perjalanan dari al hudaidah," ujar Duta Besar RI di Sanaa Wajid Fauzi, Kamis (2/4).

Wajid menjelaskan rombongan meninggalkan kota Sanaa menuju kota Al Hudaidah pada 30 Maret karena situasi keamanan yang semakin mengkhawatirkan di Sanaa. Di Al Hudaidah rombongan menginap selama dua malam untuk mempersiapkan skenario evakuasi lebih lanjut.

Sebelumnya, rombongan sempat direncanakan untuk dievakuasi melalui jalur udara menggunakan pesawat sewaan. Namun, karena kondisi keamanan udara yang mengkhawatirkan akhirnya diputuskan evakuasi melalui jalur darat dengan pengawalan khusus dari Yaman Special Force.

Selain WNI di dalam rombongan juga terdapat dua WN Thailand. Kedua WN Thailand tersebut ikut serta dalam rombongan evakuasi WNI atas permintaan kedutaan Thailand di sanaa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement