Ahad 19 Apr 2015 20:48 WIB

Para Panglima Militer Arab Bahas Pasukan Bersama

Anggota ISIS ketika melakukan parade di Raqqa, Suriah.
Foto: AP Photo
Anggota ISIS ketika melakukan parade di Raqqa, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Para panglima militer negara-negara Arab akan bertemu pekan ini di Kairo untuk membahas pembentukan pasukan militer bersama untuk memerangi meningkatnya ancaman pegaris keras di kawasan, kata seorang pejabat Liga Arab, Ahad (19/4).

Setelah para pemimpin Liga Arab menyepakati pembentukan pasukan itu pada pertemuan puncak pada Maret lalu, para panglima negara-negara anggota akan mengadakan pembicaraan pada Rabu.

Dalam kesempatan itu, mereka akan membahas secara rinci soal bagaimana pasukan tersebut akan dibentuk, demikian pula dengan peranan dan aspek pendanaannya, kata seorang sumber Liga Arab kepada AFP.

Presiden Abdel Fattah al-Sisi mendorong upaya dibentuknya pasukan seperti itu setelah organisasi Negara Islam (IS) membunuhi sekelompok warga Kristen Koptik Mesir di Libya pada Februari sehingga memunculkan serangan-serangan udara pembalasan yang dilancarkan dari Mesir.

Rencana itu mengambil momentum lebih jauh setelah Arab Saudi dan sejumlah sekutu Arab melancarkan serangan udara terhadap para pemberontak Huthi Syiah dukungan Iran di Yaman.

IS telah berkembang sebagai kelompok garis keras paling brutal di kawasan. Mereka melakukan kekejaman-kekejaman secara luas dan mendapatkan dukungan dari sejumlah organisasi pejihad.

Pada Ahad, IS mengeluarkan sebuah video yang konon menunjukkan pembunuhan sekitar 30 warga Kristen Ethiopia yang ditawan di Libya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement