Selasa 21 Apr 2015 09:28 WIB

Cegah Kapal Iran, Kapal AS Masuki Perairan Yaman

Rep: C05/ Red: Erik Purnama Putra
Kapal perang milik AS masuki perairan Yaman.
Foto: Reuters
Kapal perang milik AS masuki perairan Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA — Amerika Serikat (AS) mengirim dua kapal perangnya ke perairan dekat Yaman. Diduga pengiriman kapal AS bertujuan mencegah kapal Iran yang hendak memasok senjata ke Houthi.

Juru Bicara Pentagon, Kolonel Steve Warren menyatakan Angkatan Laut AS mengirim kapal induk USS Theodore Roosevelt dan pengawalan kapal penjelajah USS Normandia dari Teluk ke Laut Arab, Ahad (19/4). “Kapal perang tidak memiliki misi khusus untuk mencegat sebuah pengiriman senjata Iran di daerah,” katanya seperti dilansir Al Arabiya, Senin (20/4).

Kapal perang AS saat ini berada di Teluk Aden dan Laut Arab bagian selatan di tengah laporan adanya konvoi sekitar delapan kapal Iran menuju Yaman. Kuat dugaan kapal Iran sedang membawa pasokan senjata untuk Houthi.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest tidak mau berkomentar secara khusus tentang pengiriman dua kapal AS ke perairan Yaman. Namun ia mengatakan AS memiliki kekhawatiran tentang Iran yang memberi dukungan bagi Houthi.

"Kami telah melihat bukti bahwa Iran memasok senjata dan dukungan bersenjata lainnya ke Houthi di Yaman. Dukungan Iran ke Houthi menyebabkan kekerasan yang lebih besar di negara itu dan juga membuat stabilitas keamanan menjadi terganggu,” ujarnya dilansir dari AP.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement