Ahad 03 May 2015 21:33 WIB

Garda Revolusi Iran Terlihat di Aden

Rep: Gita Amanda/ Red: Julkifli Marbun
Pengunjung rasa anti kelompok Houthi di Yaman.
Foto: Reuters
Pengunjung rasa anti kelompok Houthi di Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, ADEN -- Wakil Gubernur dari Gubernuran Aden dan Ketua Dewan Perwakilan Populer mengatakan pada Sabtu (2/5), Garda Revolusi Iran tampak berada di Aden bersama milisi Houthi. Mereka mengetahui ini sebab, ada beberapa tentara Garda Revolusi yang disandera pasukan perlawanan.

Al-Arabiya melaporkan pada Ahad (3/5), Nayef al-Bakri mengatakan pada surat kabar Al-Watan Saudi bahwa puluhan milisi Houthi telah ditangkap. Banyak dari milisi tersebut yang akhirnya bergabung dengan pasukan perlawanan.

Menurutnya, banyak dari milisi yang merasa tertipu olrh Houthi. Mereka tergoda iming-iming uang dan dibuat percaya bahwa mereka terlibat jihad.

" Di antara para tawanan ada pemimpi tentara dan perwira tinggi yang akan menghadapi pengadilan pada waktunya," kata Bakri.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Iran mengatakan pada Sabtu bahwa Teheran tak akan membiarkan kekuatan regional membahayakan kepentingan keamanan di Yaman.

Selama ini koalisi pimpinan Arab Saudi diketahui melancarkan serangan udara ke Yaman. Serangan dilakukan untuk mencegah pemberontak Houthi menguasai seluruh Yaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement