Kamis 07 May 2015 09:59 WIB

Tentara Irak Ledakkan Truk Bom Bunuh Diri ISIS

Negara-negara barat semakin khawatir anak-anak muda akan mudah terpancing untuk bergabung ISIS.
Foto: AFP
Negara-negara barat semakin khawatir anak-anak muda akan mudah terpancing untuk bergabung ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, TIKRIT -- Pasukan keamanan masih bentrok dengan anggota ISIS di kilang minyak Baiji. Kilang minyak tersebut sebagian telah lumpuh dan terletak sekitar 200 kilometer di sebelah utara Baghdad, Irak.

Tentara berhasil meledakkan sebuah truk berisi bom bunuh diri di dalam kilang tersebut selama bentrokan.

Terpisah, dua anggota milisi Syiah tewas dan dua orang lagi cedera akibat ledakan bom pinggir jalan saat mereka melakukan patroli jalan kaki di Daerah Himreen.

Selain itu, seorang anggota pasukan keamanan tewas dan tiga orang lagi cedera ketika satu bom pinggir jalan meledakkan kendaraan mereka di dekat kota kecil Is'haqi, sekitar 100 kilometer di sebelah utara Baghdad.

Pada Selasa (5/5), Iran mengerahkan bantuan personel yang terdiri atas sejumlah brigade dari polisi federal dan milisi sekutunya. Bantuan didukung tank dan kendaraan lapis baja ke satu pangkalan udara tepat di sebelah utara Tikrit.

Mereka akan menyerang untuk merebut kembali kendali penuh atas kilang minyak di sebelah utara Kota Baiji.

Selama beberapa hari belakangan, anggota ISIS berulangkali melancarkan serangan terhadap tentara pemerintah dan milisi sekutunya, dan merebut banyak daerah kilang minyak luas itu.

Sejak 2 Maret, 30 ribu tentara Irak dan ribuan anggota milisi Syiah dan Sunni telah terlibat dalam serangan terbesar terhadap ISIS untuk merebut kembali bagian utara Salahudin.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement