Rabu 27 May 2015 20:11 WIB

Menlu Kunjungi Saudi Bahas Perlindungan WNI

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri RI Retno L P Marsudi mengunjungi Arab Saudi dan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Adel Bin Ahmed Al Jubeir di Jeddah, Selasa (26/5).

Keduanya membahas berbagai isu bilateral. Salah satunya mengenai perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di negara tersebut. Dalam siaran pers, Rabu (27/5), Menlu Retno mengawali kunjungannya ke beberapa negara Timur Tengah dengan mengunjungi Arab Saudi.

Terkait dengan isu-isu perlindungan WNI di Arab Saudi, Menlu Retno mendorong Pemerintah Arab Saudi meningkatkan pemberian akses dan pemberitahuan konsuler bagi WNI yang sedang mengalami masalah hukum, termasuk terkait hukuman mati.

Menanggapi hal itu, Al Jubeir sepakat bekerja sama lebih baik dengan Pemerintah Indonesia dan membuat mekanisme yang memungkinkan akses dan pemberitahuan konsuler dapat diberikan lebih tepat dan cepat kepada KBRI atau Perwakilan RI di Arab Saudi.

Pada pertemuan bilateral itu, Menlu RI juga berhasil mendapatkan komitmen Pemerintah Arab Saudi untuk mempercepat pembebasan dan pemulangan lima WNI asal Banjarmasin yang telah divonis bebas dari ancaman hukuman mati.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement