Kamis 30 Jul 2015 08:11 WIB

Pemimpin Taliban Mullah Omar Meninggal 2013?

Kelompok Taliban.
Foto: Reuters
Kelompok Taliban.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Juru bicara Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan (NDS) pada Rabu (29/7) mengkonfirmasi kematian pemimpin Taliban Mullah Mohammad Omar, dan mengatakan Omar meninggal pada musim panas 2013 tapi kematiannya dirahasiakan untuk menghindari kemerosotan moral petempur Taliban.

"Berdasarkan keterangan yang bisa dipercaya, NDS telah mengkonfirmasi pemimpin Taliban Omar telah meninggal secara misterius di satu rumah sakit di Karachi, Pakistan, dua tahun-empat bulan lalu," kata Juru BIcara Hassib Seddiqi kepada Xinhua Kamis (30/7).

Namun, juru bicara NDS tersebut, dinas intelijen Afghanistan, mengaakan perincian mengenai kematian Omar akan disiarkan kepada media ketika waktunya tepat. Pernyataan itu dikeluarkan di tengah pembicaraan perdamaian antara wakil Taliban dan pejabat Pemerintah Afghanistan.

Babak pertama pembicaraan antara kedua pihak tersebut diselenggarakan di Pakistan pada awal Juli dan babak kedua direncanakan diadakan beberapa hari lagi, mungkin di Islamabad, Pakistan.

Mullah Mohammad Omar, pria bermata satu yang dicari oleh Amerika Serikat dan telah lolos dari perburuan terbesar militer AS di wilayah itu selama 14 tahun belakangan, telah beberapa kali dilaporkan tewas, tapi tak seorang pun pernah melihat mayatnya. Juru bicara Taliban belum mengeluarkan komentar mengenai pernyataan tersebut.

Mullah Omar, yang mendirikan Gerakan Taliban di Provinsi Kandahar di Afghanistan Selatan pada 1994 dan mengumumkan Keamiran Islam Afghanistannya setelah merebut Ibu Kota Afghanistan, Kabul, telah memimpin aksi perlawanan sengit sejak ambruknya pemerintah Taliban pada 2001. Ia berusaha mendirikan kembali Keamiran Islamnya di negara yang dicabik perang di Asia Tengah itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement