Selasa 06 Oct 2015 18:54 WIB

Rusia Pakai Kamera Canggih Rekam Serangan di Suriah

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah
Pesawat Rusia SU-24 saat mendarat di pangkalan udara Heymim di Suriah.
Foto: Reuters
Pesawat Rusia SU-24 saat mendarat di pangkalan udara Heymim di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS--Rusia memasang salah satu pesawat tempurnya dengan kamera Go Pro untuk menangkap rekaman saat menjatuhkan bom di Suriah. Pesawat tersebut beroperasi dari pangkalan Hmeymim dekat Latakia.

Seperti diberitakan laman the Independent, Selasa (6/10), pesawat ini dapat dilihat melakukan lepas landas dan melepaskan senjata. Sejak memulai serangan udara terhadap militan ISIS di Suriah, Rusia telah merilis beberapa video operasi udara mereka. 

Selama akhir pekan kemarin, Rusia mengintensifkan serangan di Provinsi Homs dan Idlib meski adanya kritik dari negara-negara NATO. Anggota NATO  yang gencar mengkritik Presiden Vladimir Putin adalah Turki. Ankara menilai pesawat Rusia telah memasuki wilayah udara Turki tanpa izin.

Presiden Erdogan mengatakan, Ankara merasa sedih dan terganggu oleh kesalahan besar Rusia yang melintasi wilayah udaranya.

Pangkalan Hmeymim berada 30 kilometer dari perbatasan Suriah dan Turki. Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin di Kedutaan Besar Rusia di Jakarta mengatakan, di bawah kondisi cuaca tertentu, pendekatan dilakukan dari utara. Itu sebabnya pesawat tempur Rusia melintas wilayah udara Turki. "itu adalah konsekuensi dari kondisi cuaca yang tidak menguntungkan di wilayah ini," tegas Galuzin kepada wartawan, Selasa (6/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement