Sabtu 17 Oct 2015 04:24 WIB

Tentara Iran Bantu Pro Assad Serang Aleppo

Rep: c05/ Red: Andi Nur Aminah
Kota tua Aleppo di Suriah
Foto: Womanitely
Kota tua Aleppo di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, ALEPPO -- Tentara Suriah yang didukung oleh Hizbullah dan Iran meluncurkan serangan ke Aleppo, Jumat (16/10). Ini sebagai upaya memperluas serangan melawan pasukan anti Assad di Suriah Barat dengan dukungan dari serangan udara Rusia.

Aleppo, pusat komersial dan industri di dekat perbatasan Turki, adalah kota terbesar Suriah sebelum perang saudara empat tahun, yang tumbuh dari protes terhadap kekuasaan Assad. "Ini adalah pertempuran yang penting,"  kata sumber militer senior di Suriah, Jumat (16/10).

Dia mengatakan serangan yang didukung oleh ratusan Hizbullah dan pasukan Iran bertujuan untuk melemahkan pasukan anti Assad di bagian barat Suriah. Sebab daerah ini berbatasan langsung dengan titik dimana Assad tinggal.

Pertama kalinya Iran mengambil bagian pada skala lebih besar dalam konflik Suriah. Dimana ikut juga menurunkan tentaranya dalam pertempuran di lapangan.

Pada minggu terakhir media Iran melaporkan ada tiga perwira senior yang meninggal. Yakni Hossein Hamadeni, wakil komandan korps Pengawal Revolusi Iran yang tewas di dekat Aleppo seperti disebut kantor berita Iran Tasnim. Dua pejabat senior Hizbullah juga telah tewas di Suriah pada minggu terakhir, kata sumber keamanan Lebanon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement