Kamis 26 Nov 2015 19:16 WIB

Hizbullah: Tokoh ISIS Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Para militan ISIS (ilustrasi).
Foto: AP
Para militan ISIS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Stasiun televisi Hizbullah mengatakan operasi gabungan Hizbullah dan Suriah telah menewaskan tokoh ISIS yang terlibat dalam pengeboman Beirut awal bulan ini, Kamis (26/11).

TV Al Manar mengatakan Abdul Salam Hendawi yang juga dikenal sebagai Abu Abdo tewas di area provinsi Homs.

Hendawi dituduh bertanggung jawab atas serangan dua bom bunuh diri pada 12 November di Beirut selatan yang menewaskan 43 orang. Sebanyak lebih dari 200 orang lainnya dilaporkan terluka.

Hendawi dikabarkan membantu mengirimkan dua pelaku bom bunuh diri dari kota Raqqa ke Lebanon. Laporan Al Manar tidak menyebut kapan dan bagaimana Hendawi tewas. ISIS juga belum mengonfirmasi kematiannya.

Sementara, Arab Saudi pada Kamis menjatuhkan sanksi pada 12 tokoh senior Hizbullah. Saudi telah menetapkan Hizbullah sebagai organisasi teror pada Maret tahun lalu.

"Sanksi diterapkan karena kejahatan terorisme dan mendanai rezim," kata Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, dalam pernyataan di kantor berita SPA. Hizbullah telah berulangkali mengkritik Arab Saudi karena operasi militernya di Yaman dan mendukung pemberontak Suriah.

sumber : ap/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement