Kamis 21 Jan 2016 11:58 WIB

Di Arab Pria Harus 'Sewa' Perempuan Kalau Mau ke Mal

Rep: Rr Laeny S/ Red: Indira Rezkisari
Red Sea Mall, salah satu pusat perbelanjaan di Jeddah.
Foto: wikipedia
Red Sea Mall, salah satu pusat perbelanjaan di Jeddah.

REPUBLIKA.CO.ID, Menikmati mal bukan perkara mudah bagi pemuda di Jeddah, Arab Saudi. Sebab, mereka harus 'menyewa' perempuan hingga 100 riyal demi bisa masuk ke mal. Kaum Hawa sewaan ini akan berpura-pura sebagai kerabat pemuda.

Nihala Khalid, yang mengaku sering didekati, mengatakan biasanya pria menawarkan untuk membayar 100 riyal kepadanya untuk membantu mereka masuk mal.

"Saya selalu menolak karena saya tidak butuh uang dan tidak ingin melanggar peraturan. Ketika saya menolak mereka mengkritik saya," ujarnya seperti dikutip dari laman Arab News, Kamis (21/1).

Sementara itu, Yasmine Abdullah mengaku dirinya merasa kasihan dengan laki-laki muda yang tidak bisa masuk mal. Ia menambahkan, sangat sedikit perempuan dan keluarga membantu mereka masuk.

"Ketika aku sendirian aku tidak bisa melakukan apa-apa untuk membantu mereka, tapi ketika aku dengan keluarga yaitu ayah saya setuju untuk membiarkan mereka sebagai anggota keluarga tanpa mengambil uang mereka," katanya.

Faizah Majid mengatakan sebagian besar pemuda mencari bantuan sepupunya. Pria-pria ini memohon kepada sepupunya untuk membiarkan mereka pergi bersama. "Kadang-kadang ini cukup lucu, maksud saya hanya melihat mereka mengatakan ‘kemana kita bisa pergi?" ujarnya.

Najat Abdulaziz mengatakan teman-teman perempuan dia menghasilkan uang dari orang-orang muda dengan menunggu di gerbang bagi mereka untuk membuat penawaran. Gadis-gadis mengambil antara 50 riyal dan 100 riyal dan kemudian cepat memasukkan uang tersebut. Kemudian meninggalkan pria malang ini di luar.

"Mereka tidak bisa mengeluh dan hanya bisa berharap seseorang akan membantu mereka," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement