Jumat 05 Feb 2016 13:03 WIB

Saudi Siap Tempur Darat di Suriah, AS Sambut Hangat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Militan Suriah di medan perang.
Foto: Alalam
Militan Suriah di medan perang.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Amerika Serikat (AS) menyambut hangat tawaran Arab Saudi yang siap mengerahkan pasukan daratnya di Suriah. 

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengatakan peningkatan aktivitas dari negara sekutu lain akan membuat semuanya lebih mudah bagi AS dalam memerangi ISIS. "Berita itu sangat disambut," kata dia pada reporter.

Carter menambahkan, ia akan membahas soal tawaran pasukan darat ini dengan menteri pertahanan Saudi di Brussels, pekan depan. Menurutnya, Pemerintah Saudi telah telah menunjukkan rasa kepeduliannya untuk berbuat lebih dalam memerangi ISIS yang menguasai wilayah cukup luas di Suriah dan Irak.

Sebelumnya Juru bicara militer Saudi mengatakan pasukan Saudi telah menyasar ISIS dengan serangan udara sejak kampanye September 2014.  "Hari ini, Kerajaan Saudi mengumumkan kesiapannya untuk berpartisipasi di darat dengan koalisi pimpinan AS," kata Birgadir Jenderal Ahmed Assiri pada Aljazirah.

Baca juga, Saudi Siap Kirim Pasukan Darat ke Suriah.

Menurutnya, kesiapannya itu berkat pengalaman di Yaman. Jenderal Ahmed Assiri mengatakan serangan udara tidak akan cukup sehingga operasi darat diperlukan. "Kita butuh kombinasi keduanya untuk mencapai hasil yang lebih baik di darat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement