Rabu 31 Aug 2016 18:45 WIB

Rusia Ungkap Mengapa Konflik Suriah tak Kunjung Selesai

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Perang Saudara Suriah
Foto: AP
Perang Saudara Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Rusia untuk Indonesia M Galuzin mengatakan, masih banyak faktor yang menyebabkan rekonsiliasi di Suriah belum tercapai hingga saat ini.

"Saat Rusia bekerja sama dengan Amerika untuk rekonsiliasi Suriah masih banyak hambatannya. Amerika tak mau bekerja sama secara penuh dengan Rusia," katanya saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu, (30/8).

Amerika hanya mau bekerja sama dalam skala kecil dan kualitas terbatas dengan Rusia. "Kami melihat kebijakan umum di Amerika adalah mengisolasi Rusia."

Selain itu, terang Galuzin, hambatan lainnya untuk rekonsiliasi Suriah adalah Amerika mendukung kelompok oposisi. Bahkan Amerika mengebom Suriah tanpa meminta izin kepada Pemerintah Suriah yang sah.

"Amerika melanggar semua prinsip  internasional dengan mendukung kelompok oposisi Suriah. Ini situasi yang sangat kompleks dan sulit."

Baca juga,  Erdogan: Turki Berhak Gelar Operasi Militer di Suriah.

Rusia mendukung Pemerintah Suriah yang sah di sana. Namun sayangnya Amerika malah ingin menjatuhkan pemerintah yang sah di Suriah. Makanya rekonsiliasi masih sulit dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement