Selasa 22 Nov 2016 05:20 WIB

27 Orang Tewas dalam Pengeboman di Masjid di Afghanistan

bom masjid (ilustrasi)
Foto: EPA/Yahya Arhab
bom masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Sedikitnya 27 orang tewas dan 35 lainnya cedera setelah pengeboman bunuh diri menghantam sebuah masjid di bagian barat ibu kota negara Afghanistan, Kabul, pada Senin (21/11), ungkap Kepolisian Afghanistan.

Serangan terjadi pada sekitar pukul 12.20 waktu setempat ketika seorang pria meledakkan rompi bomnya di dalam Masjid Baqir-ul-Ulum di pinggir jalan Faiz Mohammad Kateb. Bom meledak ketika jamaah Muslim sedang mengikuti acara keagamaan di masjid itu, kata saksi mata bernama Mahmood Ullah kepada Xinhua.

"Menurut informasi awal, sebanyak 27 orang meninggal dan sekitar 35 lainnya mengalami luka," kata Faridoon Obaidi, kepala bagian investigasi kejahatan pada Kepolisian Kabul, kepada para wartawan di dekat lokasi kejadian.

Keterangan rinci menyangkut insiden akan dikeluarkan kemudian pada hari yang sama dan jumlah korban yang meninggal bisa jadi bertambah karena beberapa orang sedang berada dalam kondisi kritis, tambahnya. Saksi mata mengatakan sekitar 300 orang sedang berada di gedung masjid ketika serangan terjadi. Ledakan juga membuat gedung tersebut rusak parah.

Di antara orang-orang yang cedera terdapat sejumlah perempuan dan anak-anak, yang sedang duduk di lantai kedua balkon di sekeliling bagian depan masjid. Belum ada kelompok yang menyatakan sebagai pihak yang melancarkan serangan.

Menurut data yang dikeluarkan misi Perserikatan Bangsa-bangsa di Afghanistan, lebih dari 2.500 warga sipil tewas dan 5.830 lainnya terluka selama sembilan bulan pertama tahun ini dalam peristiwa terkait konflik di seluruh Afghanistan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement