Jumat 13 Jan 2017 09:39 WIB

Suriah Tuduh Israel Serang Bandara Militernya

Kota Mezzeh, dekat Damaskus, Suriah.
Foto: Twitter
Kota Mezzeh, dekat Damaskus, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Suriah menuduh Israel membombardir wilayah barat Damaskus. Sejumlah laporan menyebut bandara milik militer jadi sasaran.

Mengutip dari Reuters, televisi pemerintah mengutip tentara mengatakan sejumlah roket mendarat di komplek bandara di Mezzeh. Dilansir dari BBC, Jumat (13/1), belum jelas apakah dugaan bombardir yang menyebabkan kebakaran itu menyebabkan korban jiwa.

Pemerintah Israel sebelumnya tidak mengonfirmasi atau membenarkan telah melakukan serangan di Suriah. Israel telah mengebom pengiriman senjata yang ditujukan pada gerakan Hizbullah Lebanon beberapa kali sejak perang sipil Suriah pecah pada 2011.

Baca: Serangan Bom di Damaskus, Tujuh Orang Tewas

Hizbullah yang terlibat dalam perang satu bulan dengan Israel pada 2006 mengirim ribuan petempurnya ke Suriah untuk mendukung pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Kantor berita Suriah Sana melaporkan ledakan di bandara militer Mezzeh, dan ambulans bergegas ke lokasi. Militer mengatakan itu merupakan dampak dari serangan yang mecolok.

Desember lalu, media Suriah mengatakan serangan rudal Israel menargetkan bandara di Mezzeh hingga menyebabkan kebakaran. Sebelumnya, pada 30 November, jet Israel dilaporkan menembakkan rudal dari wilayah udara Lebanon ke Suriah, menyerang Sabboura di luar Damaskus.

Sasarannya belum jelas, tapi jalan tol dari Lebanon ke Damaskus melewati kota tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement