Ahad 26 Mar 2017 19:06 WIB

Serangan Udara Tewaskan 16 Narapidana di Idlib

Serangan udara Suriah.
Serangan udara Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Setidaknya 16 orang tewas akibat serangan udara di sebuah penjara di kota Idlib, Suriah pada Jumat (24/3, Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Untuk Perang Suriah yang berbasis di Inggris, mengatakan pada Sabtu (25/3).

Idlib adalah salah satu benteng yang paling penting bagi pemberontak, termasuk faksi jihad, yang berusaha untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad. Angkatan udara Suriah bersama dengan sekutunya Rusia, telah beberapa kali membombardir para pemberontak di lokasi itu.

Organisasi pemantau mengatakan bahwa mereka menerima informasi, beberapa dari mereka yang tewas ditembak mati saat mencoba melarikan diri dari penjara setelah serangan udara menghantam tempat itu. Dua sipir penjara termasuk di antara 16 korban yang tewas.

Idlib yang terletak di barat laut Suriah, memiliki populasi pengungsi yang meningkat jumlahnya, banyak dari mereka meninggalkan tempat-tempat yang dikuasai pemberontak atau tempat lainnya di negara itu setelah tentara Suriah dan sekutunya memaksa mereka untuk pergi.

Beberapa bagian daerah di Idlib dikendalikan oleh pemberontak yang didukung Turki, termasuk faksi yang berperang di bawah bendera Tentara Kebebasan Suriah, sementara di daerah-daerah lainnya didominasi oleh kelompok garis keras Ahrar al-Sham dan kelopok-kelompok lainnya yang tergabung dalam aliansi Tahrir al Sham.

Tahrir al-Sham adalah bagian dari bekas kelompok Nusra, yang secara resmi mengumumkan dirinya sebagai cabang Alqaidah di Suriah hingga 2016, saat itu, mereka mengakhiri kesetiaannya kepada organisasi pemberontak internasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement