Selasa 23 May 2017 13:02 WIB

Tujuh Anggota Alqaidah Yaman Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Gerilyawan Alqaidah (ilustrasi)
Foto: EPA/Intel Center
Gerilyawan Alqaidah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SANA'A -- Pasukan militer Amerika Serikat (AS) melaporkan sebanyak tujuh anggota Alqaidah di Yaman tewas dalam sebuah operasi. Mereka tewas saat baku tembak di wilayah timur Ibu Kota Sana'a.

Dalam sebuah pernyataan, Komando Pusat AS mengatakan, anggota organisasi teroris yang tewas itu adalah Alqaidah di Jazirah Arab atau dikenal sebagai AQAP. Selama ini, pasukan militer Negeri Paman Sam terus berupaya untuk menumpas AQAP yang memiliki basis utama di Yaman.

Yaman menjadi negara tempat lahirnya Alqaidah pimpinan Usamah bin Ladin. Di negara itu, hingga kini masih terjadi kekerasan separatis, khususnya wilayah bagian utara dan selatan.

Pada Januari lalu, pasukan AS melaporkan ada 14 anggota AQAP yang tewas dalam sebuah serangan di Yaman Tengah. Selama ini, kelompok itu juga kerap memanfaatkan konflik di negara tersebut untuk semakin memperluas wilayah kekuasaan mereka.

Dalam dua tahun terakhir, tepatnya pada 2015 Yaman menghadapi pertempuran antara pasukan pemerintah serta kelompok Houthi. Konflik itu telah membuat setidaknya 10 ribu warga sipil tewas.

Baca juga,  Serangan Satu Malam di Yaman Tewaskan 27 Orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement