Kamis 22 Jun 2017 13:34 WIB

Ini Sosok Putra Mahkota Saudi Terpilih, Mohammad Bin Salman

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Mohammad bin Salman Al Saud
Foto: [ist]
Mohammad bin Salman Al Saud

REPUBLIKA.CO.ID,  RIYADH -- Pangeran Mohammed bin Salman akhirnya diangkat menjadi putra mahkota Kerajaan Arab Saudi. Ia menggantikan sepupunya Mohammad bin Nayef yang sebelumnya sempat digadang-gadang menjadi Raja Saudi berikutnya.

Mohammed bin Salman merupakan Wakil Perdana Menteri Arab Saudi sekaligus Menteri Pertahanan yang paling muda di dunia. Usianya baru 32 tahun.

Seperti dilansir Aljazirah, Mohammed bin Salman lahir pada 31 Agustus 1985. Ayahnya Raja Salman dan ibunya  Putri Fahda bint Falah bin Sultan bin Hathleen. Ibunya berasal dari suku Ajman, anak  Pangeran Rakan bin Hathleen.

Pada 2008, Pangeran Mohammed bin Salman menikah dengan Putri Sarah bin Mashhoor bin Abdulaziz Al Saud. Mereka memiliki tiga anak. Ia mendapatkan pendidikan awal di Riyadh. Di sekolahnya, ia sering menjadi ranking 10 besar dari pelajar terbaik.

Ia meraih pendidikan hukum di Universitas King Saud. Di sana ia meraih rangking kedua.  Selama kuliah ia sering mengikuti berbagai program pelatihan.

Begitu lulus kuliah, Mohammed bin Salman mendirikan sejumlah perusahaan sebelum bekerja di pemerintahan. Ia pernah menjadi Sekjen Dewan Kompetitif Riyadh,  penasihat spesial Ketua King Abdulaziz Foundation. Ia juga pernah jadi anggota dewan masyarakat Albir untuk Pembangunan.

Sebagai bagian dari aktivitas filantrofinya, Mohammed bin Salman membangun MiSK Foundation. Ini merupakan organisasi non profit yang mendorong pendidikan dan kepemimpinan para pemuda Saudi.  Ia juga mengembangkan start up di Saudi melalui berbagai program inkubasi bisnis.

Pada 2013, Mohammed bin Salman ia diberi penghargaan "Personality of the Year" dari Forbes Timur Tengah karena perannya sebagai ketua King Salman Youth Center. Ia juga diakui perannya dalam MiSK Foundation karena mendukung kemajuan para pemuda Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement