Jumat 23 Jun 2017 14:25 WIB
Saudi dan sekutu ipangkalan Turki di Qatar juga ditutup.

Ini 13 Tuntutan Saudi Cs ke Qatar, Termasuk Tutup Aljazirah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Stasiun televisi Aljazeera
Foto: Aljazeera
Stasiun televisi Aljazeera

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Empat negara Teluk, yakni Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain merilis serta mengirim 13 tuntutan kepada Qatar. Tuntutan tersebut harus dilakukan atau dipenuhi Qatar bila ingin lepas dari blokade dan embargo negara-negara Teluk.

Seperti dilaporkan laman BBC, Jumat (23/6), salah satu tuntutan empat negara Teluk kepada Qatar adalah meminta agar media penyiaran negara tersebut, yakni Aljazirah, ditutup. Sebelumnya negara-negara Teluk memang menuding Qatar memanfaatkan Aljazirah sebagai media propaganda untuk menyerang mereka.

Empat negara Teluk tersebut juga meminta Qatar untuk mengurangi intensitas hubungan dengan Iran. Sebab menurut mereka, Iran merupakan negara yang menunjang dan menyokong kelompok milisi di kawasan tersebut.

Qatar pun didesak untuk menutup pangkalan militer Turki yang dibangun di negaranya. Semua tuntutan tersebut harus direalisasikan Qatar dalam waktu 10 hari.

Daftar tuntutan negara-negara Teluk terhadap Qatar diumumkan setelah sebelumnya Menter Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson mendesak empat negara itu. Tillerson mengatakan, negara-negara Teluk sebaiknya menyusun daftar tuntutan mereka sebagai pijakan atas diberlakukannya blokade terhadap Qatar.

Seperti diketahui, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Bahrain telah memblokade dan mengisolasi Qatar sejak tiga pekan lalu. Hal itu dilakukan karena mereka menuduh Qatar telah menyokong kelompok teroris di kawasan tersebut. Tuduhan ini telah dibantah secara tegas oleh Qatar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement