Kamis 20 Jul 2017 15:39 WIB

Saudi Bebaskan Perempuan dengan Rok Mini

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Wanita Arab Saudi mengenakan rok mini.
Foto: bbc
Wanita Arab Saudi mengenakan rok mini.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi telah melepaskan seorang perempuan yang ditahan setelah video dirinya mengenakan rok mini dan berjalan di depan umum menjadi viral. Perempuan tersebut tidak diberi hukuman sama sekali.

Pernyataan yang dikeluarkan Pusat Komunikasi Internasional pada Rabu (19/7) waktu setempat mengatakan polisi membebaskan perempuan yang tidak disebutkan namanya tersebut. Dia dibebaskan pada Selasa malam setelah beberapa jam menghadapi penyelidikan. Menurut pernyataan yang dikutip Aljazirah, Kamis (20/7), video tersebut diunggah tanpa sepengetahuannya.

Polisi Arab Saudi menangkap perempuan tersebut karena mengenakan pakaian yang tidak sopan, setelah adanya protes dari orang-orang yang melaporkan perempuan itu dengan mencolok melanggar peraturan berpakaian di Saudi.

Perempuan muda Saudi itu menarik perhatian selama akhir pekan saat video tersebut diunggah secara daring saat dia berjalan di sebuah desa bersejarah di utara ibu kota tersebut dengan mengenakan rok mini dan atasan minim serta menunjukkan rambutnya. Penahanannya juga menarik perhatian dengan kritik mengecam undang-undang Arab Saudi yang membatasi hak-hak perempuan.

Kecaman menentang video tersebut dan penangkapan perempuan itu selanjutnya mengungkapkan betapa kuat dan luasnya pandangan konservatif di kerajaan tersebut. Meski baru-baru ini Arab Saudi  memodernisasi dan melonggarkan beberapa peraturan. Mohammed bin Salman, pewaris takhta atau putra mahkota Arab Saudi yang berusia 31 tahun itu telah mendorong keterbukaan yang lebih besar untuk hiburan.

Ini merupakan upaya untuk untuk menenangkan pemuda, yang aktif di media sosial dan dapat melewati sensor pemerintah secara daring. Media sosial sangat populer di Arab Saudi sebagai ruang untuk melampiaskan protes dan mengukur opini publik.

Baca: Polisi Saudi Tangkap Wanita Berok Mini yang Videonya Viral

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement