Rabu 09 Aug 2017 15:20 WIB

AS Kirim Truk Bermuatan Senjata ke Musuh Pemerintah Turki

Rep: Marniati/ Red: Teguh Firmansyah
Gerilyawan Kurdi (ilustrasi)
Foto: AP/Yahya Ahmed
Gerilyawan Kurdi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Lebih dari 100 truk yang membawa pasokan AS menyeberang ke wilayah Suriah yang dikendalikan oleh kelompok Kurdi, PKK / PYD pada Senin malam. Selama ini PKK merupakan musuh utama Pemerintah Turki.

Seperti dilansir dari Anadolu, Senin (8/8), konvoi 112 tanker bahan bakar, truk-truk tertutup dan truk muatan sedang dan Humvee militer terlihat saat melewati provinsi Hasakah di Suriah.

AS mengumumkan pada Mei bahwa mereka akan memasok senjata kepada PKK / PYD, afiliasi PKK dari Suriah, yang telah melakukan kampanye perlawan selama 33 tahun melawan Turki. PKK terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan EU.

PKK/PYD saat ini menjadi ujung tombak serangan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung oleh AS  terhadap ISIS di Raqqah. Menurut Pentagon, AS telah memasok senjata ke beberapa kelompok bersenjata di Suriah, termasuk PKK / PYD.

Senjata ini termasuk 12 ribu senapan serbu Kalashnikov, 6.000 senapan mesin, 3.500 senapan mesin berat, 3.000 peluncur granat berpeluncur roket, 1.000 senjata antitank, 235 mortir, 100 senapan sniper serta 450 pasang teropong penglihatan malam hari dan 150 iluminator penerangan.

Dewan Keamanan Nasional Turki mengatakan pada bulan Juni bahwa beberapa senjata yang dikirim ke Suriah telah ditangkap dalam penggerebekan terhadap PKK di Turki

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement