Rabu 27 Sep 2017 15:36 WIB

Trump Puji Arab Saudi yang Perbolehkan Wanita Mengemudi

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden AS Donald Trump.
Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Presiden AS Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Donald Trump memuji Arab Saudi karena telah mengizinkan wanita untuk memiliki hak mengemudi. Menurutnya, keputusan ini adalah langkah maju terhadap hak-hak wanita di kerajaan konservatif tersebut.

"Ini adalah langkah positif untuk mempromosikan hak dan peluang wanita di Arab Saudi," kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, yang menyampaikan pernyataan Trump.

"Kami akan terus mendukung Arab Saudi dalam upaya memperkuat masyarakat dan perekonomian melalui reformasi seperti ini dan implementasi Saudi Vision 2030," tambahnya seperti dikutip Anadolu.

Riyadh telah menjadi salah satu sekutu AS yang paling setia di wilayah ini. Namun hubungan keduanya terganjal oleh sejumlah masalah hak asasi manusia, terutama hak-hak wanita.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi pemerintah, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud mengumumkan telah mengeluarkan sebuah keputusan yang mengizinkan wanita untuk mendapatkan surat izin mengemudi. Namun, kebijakan ini baru akan dilaksanakan pada Juni 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement