Kamis 19 Oct 2017 15:50 WIB

Serang Pangkalan Militer, Taliban Tewaskan 43 Tentara Afghan

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Bangkai mobil yang terbakar akibat ledakan bom di Kabul, Afghanistan.
Foto: Reuters
Bangkai mobil yang terbakar akibat ledakan bom di Kabul, Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KANDAHAR -- Serangan pasukan Taliban ke pangkalan militer Afghanistan sedikitnya menewaskan 43 prajurit Afganistan. Serangan tersebut diluncurkan setelah beberapa jam baku tembak antara kedua pihak.

"Dari 60 prajurit yang menjaga pangkalan, 43 tewas, sembilan terluka dan enam prajurit hilang," kata pernyataan resmi kementrian pertahanan Afganistan seperti diwartakan Aljazirah, Kamis (19/10).

Pasukan Taliban menyerang pangkalan militer pada malam hari. Pangkalan yang terletak di selatan provinsi Kandahar tesebut diserbu mengunakan dua buah bom mobil.

Taliban mengaku bertanggung jawab tak lama berselang setelah insinden tersebut. Kendati, tentara Afganistan mengklaim menembak mati sembilan pasukan Taliban saat pernyerbuan di pangkalan militer di Chashmo, distrik Maiwand berlangung.

Sementara, peristiwa ini merupakan serangan ketiga yang menargetkan pangkalan militer selama pekan ini. Sebanyak 80 orang tewas dalam serangan sebelumnya.

Pasukan Afghanistan telah berjuang untuk memerangi Taliban yang bangkit kembali sejak pasukan AS dan NATO secara resmi mengakhiri misi tempur mereka pada akhir 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement