Sabtu , 21 October 2017, 01:26 WIB

Masjid Ditembak dan Dilempar Bom, 30 Orang Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Joko Sadewo
Foto : MgRol_94
Ilustrasi Teror Bom
Ilustrasi Teror Bom

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Serangan brutal terjadi di dua masjid di Afghanistan, Jumat (20/10). Setidaknya 30 orang dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut.

Serangan pertama berlangsung di Masjid Imam Zaman di Ibu Kota Kabul. Seorang pria bersenjata dilaporkan memasuki rumah ibadah tersebut sebelum melepaskan tembakkan, hingga kemudian melemparkan bom.

Lebih dari 20 orang jamaah di Imam Zamam tewas. Serangan kedua terjadi di Provinsi Ghor. Setidaknya sembilan orang kehilangan nyawa dalam insiden tersebut. Seorang saksi mata mengatakan kepada BBC bahwa serangan di Imam Zaman terlihat benar-benar mengerikan. Pelaku nampaknya secara khusus menargetkan jamaah yang sedang berkumpul untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat, dimulai dengan menembak hingga meledakkan bom.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun, terdapat dugaan bahwa kejadian itu terkait Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Kelompok militan tersebut selama ini diyakini telah menargetkan masjid-masjid Islam Syiah di Afghanistan.

Hingga saat ini, penyelidikan masih dilakukan, baik oleh Kepolisian Kabul maupun di Ghor. Belum ada rincian lebih lanjut mengenai kemungkinan jumlah korban yang meningkat.

 

 

 

Sumber : BBC