Selasa, 7 Ramadhan 1439 / 22 Mei 2018

Selasa, 7 Ramadhan 1439 / 22 Mei 2018

Jubir Istana: Jokowi tak Mau Pakai Rompi Peluru di Afghan

Selasa 30 Januari 2018 14:23 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah

 Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Istana Presiden, Kabul, Senin (29/1).

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Istana Presiden, Kabul, Senin (29/1).

Foto: AP/Massoud Hossaini
Jokowi tak pakai rompi antipeluru saat berkunjung di pasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Afghanistan disambut dengan guncangan bom di ibu kota Kabul. Serangan bom susulan juga sempat terjadi.

Kendati demikian, Jokowi tak mengurungkan niatnya menginjakkan kaki ke negara tersebut. Bahkan, menurut Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi, Presiden juga enggan menggunakan rompi antipeluru yang telah disediakan.

"Yang saya dapat dari perbincangan digrup yang ikut rombongan, itu tadi disiapkan pengamanan-pengamanan itu. Tapi Presiden juga rompi (antipeluru) juga gak mau pakai," ujar Johan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/1).

Menurut dia, Jokowi enggan menggunakan rompi antipeluru saat melakukan kunjungan di salah satu pasar di Afghanistan. "Ada pas kunjungan apa itu dia gak pakai. Pas saya, saya kan gak ikut tapi saya baca di perbincangan itu. Tapi pas kunjungan itu gak pakai, ke pasar juga kalau gak salah," ujar dia.

Johan mengatakan, keteguhan hati Presiden mengunjungi Afghanistan lantaran ingin menunjukan kepada dunia terkaitkomitmen Pemerintah Indonesia dalam proses perdamaian di Afghanistan.

Selain itu, kunjungan tersebut juga merupakan kunjungan balasan Presiden Afghanistan yang sebelumnya pernah berkunjung ke Indonesia. Komitmen ini tidak menghalangi keinginan Presiden berkunjung ke Afghanistan meskipun ada atau suasana di Afghanistan lagi 'kacau' dari sisi keamanan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Dukungan Dana untuk Asian Games 2018

Selasa , 22 Mei 2018, 20:14 WIB