Sabtu 10 Mar 2018 22:06 WIB

Tentara Suriah Tingkatkan Serangan ke Ghouta Timur

Tentara Suriah bergerak maju ke sebagian Kota Mesraba.

Beberapa bayi memperoleh penanganan medis setelah terpapar gas beracun di Desa Shifunieh, Ghouta Timur, Suriah, Ahad (25/2).
Foto: Mohammed Badra/EPA-EFE
Beberapa bayi memperoleh penanganan medis setelah terpapar gas beracun di Desa Shifunieh, Ghouta Timur, Suriah, Ahad (25/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Tentara Suriah meningkatkan operasi-operasi di bagian tengah Ghouta, wilayah yang dikuasai pemberontak di bagian timur negara itu. Demikian dilaporkan televisi negara pada Sabtu (10/3).

Lembaga pemantau Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia, mengatakan, tentara bergerak maju ke sebagian kota Mesraba. Ini merupakan penghubung terakhir antara kawasan bagian selatan dan utara dari wilayah kantung tersebut.

Jaish al-Islam dan Failaq al-Rahman, dua kelompok petempur utama di bagian timur Ghouta, terletak di luar Damaskus, ibu kota Suriah, mengatakan mereka telah melancarkan serangan-serangan balasan dalam beberapa hari yang merebut kembali beberapa posisi yang dikuasai petempur.

 

Baca juga, Suriah Kirim Pasukan Besar ke Ghouta Timur.

 

Serangan tiga pekan yang sengit atas benteng utama pemberontak dekat Damaskus telah merebut kembali sekitar setengah kawasannya dan membunuh 960 orang.

 

Menurut Observatorium pesawat-pesawat tempur, helikopter dan artileri telah digunakan dalam pengeboman terhadap kawasan itu semalam. Tentara Suriah telah bergerak maju ke dalam kawasan itu antara dua kota besar Harasta dan Douma.

Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Rusia, sekutu utamanya, mengatakan kampanye tersebut diperlukan untuk mengakhiri gempuran oleh petempur terhadap Damaskus dan untuk mengakhiri kekuasaan pemberontak atas warga sipil kawasan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement