Kamis 19 Apr 2018 02:37 WIB

Kereta Cepat Haramain Segera Gelar Studi Pasar

Kereta cepat Haramain memiliki target untuk menawarkan layanan yang paling sesuai.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman naik kereta Haramain berkecepatan tinggi dari Madinah ke Makkah pada Jumat (16/4) (Foto: Arab News).
Foto: Foto: Arab News
Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman naik kereta Haramain berkecepatan tinggi dari Madinah ke Makkah pada Jumat (16/4) (Foto: Arab News).

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Haramain High Speed Rail yang merupakan pemegang konsesi proyek Al-Shoula Consortium telah menunjuk Royal Haskoning DHV untuk melakukan studi pasar untuk merinci jalur kereta cepat tersebut.

Dilansir Railway Gazette, Rabu (18/4), rencana ini bertujuan membantu Saudi Railways Organization memprediksi jumlah dan kebutuhan penumpang kereta. Selain itu mendukung pengembangan strategi operasi.

Kereta cepat Haramain memiliki target untuk menawarkan layanan yang paling sesuai dan efisien. Survei akan dilakukan di lokasi-lokasi strategis untuk penumpang yang sebagian besar adalah jamaah, baik haji maupun umrah.

Termasuk titik pemeriksaan jalan, persimpangan bus dan taksi di Makkah dan Jeddah, terminal-terminal di Bandara Internasional King Abdulaziz. Survei akan digelar begitu layanan dimulai.

Survei akan memeriksa pola perjalanan saat ini untuk membantu memprediksi profil penumpang potensial, termasuk karakteristik dan status ekonomi mereka.

Setelah survei, analisis teknis yang komprehensif akan dilakukan untuk memeriksa permintaan perjalanan di masa depan dan menghasilkan perkiraan penumpang potensial. Ini akan termasuk mempertimbangkan kebutuhan jamaah Haji dan Umrah.

Royal Haskoning DHV telah berkembang di Timur Tengah selama lebih dari 50 tahun dan memiliki pengetahuan lokal baik di Kerajaan Arab Saudi. Ia mengombinasikan dengan keahlian internasional dalam perencanaan kereta api dan transportasi.

"Ini membuat kami cakap dalam melakukan studi pasar yang penting ini," kata Royal Direktur Perencanaan & Perencanaan Haskoning DHV, Dr Marwan Al-Azzawi.

CEO Saudi Railway Co, Dr Bashar Al Malek mengatakan pada konferensi SmartRail di Amsterdam, bahwa layanan Kereta Api Kecepatan Tinggi Haramain akan dimulai dalam beberapa minggu ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement