Senin 23 Nov 2020 12:54 WIB

AS Perkirakan Vaksinasi Covid-19 Awal Desember

Diperkirakan 20 juta penduduk AS dapat divaksinasi pada Desember mendatang.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Regeneron/AP Photo/picture-alliance
Regeneron/AP Photo/picture-alliance

Kepala program vaksinasi Amerika Serikat (AS) Dr Moncef Slaoui mengatakan, vaksinasi di AS diharapkan dapat dimulai pada 12 Desember mendatang. Jika berhasil dilakukan, vaksinasi awal dapat menjadi titik balik yang menentukan dalam pertempuran melawan virus yang telah menyebabkan lebih dari 255 ribu orang meninggal di AS. Jumlah korban meninggal AS adalah yang tertinggi di dunia, sejak wabah pertama kali muncul di China akhir tahun lalu.

Dr Moncef Slaoui, kepala program vaksin virus corona Operation Warp Speed, mengatakan pada Ahad (22/11), dia berencana mengirimkan vaksin Covid-19 ke seluruh negeri dalam waktu 24 jam, setelah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/ FDA).

Slaoui memperkirakan, 20 juta penduduk AS dapat divaksinasi pada Desember mendatang. Sementara, 30 juta orang lagi di bulan berikutnya.

Penasihat vaksin FDA yang mengawasi produksi vaksin di AS dijadwalkan mengadakan pertemuan pada 10 Desember, untuk membahas permintaan Pfizer terkait otorisasi darurat vaksin COVID-19. Sebelumnya, Pfizer yang bekerja sama dengan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech telah mengumumkan bahwa vaksin mereka efektif 95 persen.

Tercapai “kekebalan kelompok” pada Mei?

Slaoui mengatakan bahwa pada Mei, dengan potensi 70 persen dari populasi telah divaksinasi, maka AS dapat mencapai "kekebalan kelompok" yang berarti virus tidak dapat lagi menyebar secara luas.

Tetapi Slaoui menambahkan catatan penting, "Saya sangat berharap bahwa tingkat persepsi negatif terhadap vaksin menurun dan penerimaan masyarakat meningkat.”

"Itu akan sangat penting untuk membantu kami,” tambahnya.

Jajak pendapat oleh perusahaan riset opini publik Gallup baru-baru ini menunjukkan bahwa empat dari 10 orang Amerika masih menyatakan tidak akan mau divaksin COVID-19. Angka itu sudah mengalami sedikit penurunan, dibandingkan dengan data survei sebelumnya pada bulan September yang menunjukkan lima dari 10 tidak mau divaksin COVID-19.

‘Perlu akses global terhadap vaksin’

Selama KTT virtual yang diselenggarakan oleh Arab Saudi pada Sabtu (21/11), negara-negara G20 menekankan perlunya akses global terhadap vaksin COVID-19.

"Meskipun kita optimistis dengan kemajuan yang dicapai dalam mengembangkan vaksin, alat terapeutik dan diagnostik untuk COVID-19, kita harus bisa menciptakan kondisi akses yang terjangkau dan setara terhadap instrumen-instrumen ini bagi semua orang," kata Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Para pemimpin dunia, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden AS Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo, turut berpartisipasi secara virtual dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari tersebut.

Menurut penyelenggara, dana vaksin COVID-19 masih kurang $ 4,5 miliar (Rp 63 triliun). Negara-negara G20 sejauh ini telah berkontribusi lebih dari $ 21 miliar (Rp 296 triliun) untuk memerangi virus corona. Negara-negara tersebut juga telah menyuntikkan $ 11 triliun (Rp 155 ribu triliun) untuk mengatasi kerusakan ekonomi dunia akibat dampak pandemi.

pkp/hp (Reuters, AP, AFP, dpa)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement