Kamis 26 Jan 2023 19:53 WIB

Suhu di China Utara Capai Minus 53 Derajat, Terdingin Sejak 1969

Suhu terdingin China Utara sebelumnya terjadi pada 1969 di anka minus 52,3 derajat.

Suhudi Kota Mohe, Provinsi Heilongjiang di wilayah paling utara di China, sempat menyentuh angka -53 derajat Celcius.
Foto: AP/Ng Han Guan
Suhudi Kota Mohe, Provinsi Heilongjiang di wilayah paling utara di China, sempat menyentuh angka -53 derajat Celcius.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Temperatur udara di Kota Mohe, Provinsi Heilongjiang di wilayah paling utara di China, sempat menyentuh angka -53 derajat Celcius. Suhu tersebut terjadi pada saat gelombang dingin dalam beberapa hari terakhir.

Pusat Meteorologi Nasional China (NMC) dalam keterangannya, Rabu (25/1/2023) waktu setempat, menyebutkan, rendahnya suhu udara di Kota Mohe tersebut merupakan yang pertama sejak 1969. Pada Februari 1969, suhu udara di Kota Mohe tercatat -52,3 derajat Celcius.

Baca Juga

Hawa dingin ekstrem di kota itu telah menimbulkan kabut es sehingga jarak pandang pun tidak lebih dari 10 meter. Dalam cuaca yang membeku dan jarak pandang terbatas, petugas kepolisian setempat turun ke jalan raya untuk mengatur lalu lintas dengan mengenakan pakaian tebal dan memasang alat termal di sepatu mereka.

Mereka bertugas secara bergiliran, 10 menit sekali agar kondisi mereka tetap aman. Kereta api barang yang dioperasikan China Railway Harbin Group telah mengangkut enam juta metrik ton batu bara untuk membantu masyarakat Provinsi Heilongjiang mengatasi gelombang dingin kali ini.

NMC memperkirakan suhu udara di wilayah utara dan timur di China turun 8 hingga 12 derajat pada Rabu hingga Ahad  (29/1/2023).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement