Rabu 08 Feb 2023 13:55 WIB

15 Juta Orang Terancam Banjir Akibat Gletser Mencair

ndia menempati peringkat tinggi dalam daftar ancaman akibat mencairnya gletser.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Gletser mencair (ilustrasi). Studi baru dari penelitian di Nature Communications menunjukan, saat gletser mencair dan menuangkan air dalam jumlah besar ke danau terdekat, 15 juta orang di seluruh dunia hidup di bawah ancaman ledakan banjir yang tiba-tiba dan mematikan.
Foto: REUTERS
Gletser mencair (ilustrasi). Studi baru dari penelitian di Nature Communications menunjukan, saat gletser mencair dan menuangkan air dalam jumlah besar ke danau terdekat, 15 juta orang di seluruh dunia hidup di bawah ancaman ledakan banjir yang tiba-tiba dan mematikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi baru dari penelitian di Nature Communications menunjukan, saat gletser mencair dan menuangkan air dalam jumlah besar ke danau terdekat, 15 juta orang di seluruh dunia hidup di bawah ancaman ledakan banjir yang tiba-tiba dan mematikan. Hasil ini berasal lebih dari 150 semburan banjir glasial dalam sejarah dan baru-baru ini.

Lebih dari setengah dari mereka yang hidup dalam bayang-bayang bencana yang disebut banjir luapan danau glasial hanya ada di empat negara, India, Pakistan, Peru, dan China. India menempati peringkat tinggi dalam daftar ancaman bukan karena pengaturan fisiknya, tetapi karena sejumlah besar orang di hilir.

Baca Juga

Ancaman ini jarang dipikirkan oleh orang Amerika dan Eropa. Namun kemungkinan terkena dampak sangat besar, karena masih ada sejuta orang tinggal hanya dalam jarak 10 kilometer dari danau glasial yang berpotensi tidak stabil.

Sebanyak tiga cekungan danau di Amerika Serikat dan Kanada dari Pasifik Barat Laut hingga Alaska berperingkat tinggi untuk ancaman. Namun, area ini tidak setinggi wilayah di Asia dan Andes dengan sedikit orang di zona bahaya.

Para ilmuwan mengatakan, sejauh ini sepertinya perubahan iklim tidak membuat banjir itu lebih sering. Hanya saja, gletser menyusut karena pemanasan, jumlah air di danau bertambah, membuatnya lebih berbahaya dalam situasi langka ketika bendungan pecah.

“Kami mengalami banjir ledakan danau gletser di masa lalu yang telah menewaskan ribuan orang dalam satu peristiwa banjir yang dahsyat,” kata rekan penulis studi dan ilmuwan risiko bencana di University of Canterbury Selandia Baru Tom Robinson. “Dan dengan perubahan iklim, gletser mencair sehingga danau ini semakin besar, berpotensi semakin tidak stabil," ujarnya.

Robinson mengatakan apa yang berbeda dari studinya adalah bahwa ini adalah penelitian pertama yang melihat iklim, geografi, populasi, kerentanan, dan semua faktor yang ada. Dari itu semua didapatkan gambaran yang baik tentang tempat paling berbahaya di dunia untuk semua 1.089 cekungan glasial.

Salah satu banjir yang lebih dahsyat terjadi di Peru pada 1941 dan menewaskan antara 1.800 hingga 6.000 orang. Banjir luapan danau glasial pada 2020 di British Columbia, Kanada, menyebabkan tsunami air setinggi sekitar 100 meter, tetapi tidak ada yang terluka.

Banjir semburan glasial 2017 di Nepal yang dipicu oleh tanah longsor, terekam dalam video oleh pendaki Jerman. Gletser Mendenhall Alaska telah mengalami banjir semburan glasial kecil tahunan sejak 2011 yang disebut Layanan Cuaca Nasional sebagai cekungan bunuh diri.

Hujan lebat dan luapan banjir danau glasial digabungkan di India menewaskan ribuan orang pada 2013. Banjir mematikan pada 2021 di India yang awalnya dikaitkan dengan semburan danau glasial tidak disebabkan oleh satu hal, penelitian akhirnya menemukan keterkaitan.

Daftar teratas adalah cekungan Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan, utara Islamabad. “Itu sangat buruk. Banyak orang dan mereka sangat-sangat rentan karena mereka tinggal di lembah di bawah danau," kata Robinson.

Tapi, para ilmuwan terlalu memusatkan perhatian pada Pakistan, India, China, dan Himalaya, yang sering disebut Pegunungan Tinggi Asia  dan agak mengabaikan Andes. Cekungan risiko tertinggi kedua dan ketiga berada di cekungan Santa Peru, dan cekungan Beni Bolivia.

“Peringkat ini adalah daftar periksa yang bagus untuk penelitian lebih lanjut,” kata Oliver Korup dari University of Potsdam di Jerman yang turut menulis daftar luapan banjir danau glasial.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement