Rabu 08 Sep 2010 01:01 WIB

Gempa di Dalam Negeri, PM Selandia Baru Batal ke Eropa

REPUBLIKA.CO.ID,CHRISTCHURCH, SELANDIA BARU--Perdana Menteri Selandia Baru John Key membatalkan kunjungannya ke Eropa untuk tetap di dalam negeri dan menangani akibat gempa bumi berkekuatan 7,1 Skala Richter yang menimpa negerinya. Key rencananya akan bertolak ke Inggris Jumat malam untuk kunjungan sepekan, yang akan mencakup pertemuan-pertemuan dengan perdana menteri Inggris dan presiden Prancis.

Namun demikian, dia kini memutuskan bahwa dia harus tetap berada di Selandia Baru. Key mengatakan Selasa, bahwa sejumlah guncangan susulan, termasuk dua berkekuatan 5,4 SR - semalam telah mengubah pikirannya untuk berkunjung ke Eropa, dan dia ingin menunjukkan solidaritasnya dengan masyarakat Christchurch.

Terjadi banyak goncangan di Selandia Baru tengah di daerah Kepulauan Canterbury setelah gempa kuat semalam. Gempa berkekuatan 5,4 tercatat pada pukul 03:24 Selasa. Gempa tersebut berpusat pada 20 kilometer selatan Darfield, pada kedalaman 15 kilometer, menurut laporan GNS Science. Gempa dengan kekuatan 5,4 lainnya tercatat pada pukul 23:40 waktu setempat Senin, 20 kilometer di barat daya Darfield, pada kedalaman sembilan kilometer.

sumber : ant/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement